Langsung ke konten utama

Obat Manjur Anti Galau


ANDA BERHAK BAHAGIA. Semua harus dibuat menyenangkan. jadwal padat, kurang istirahat, kerjaan yang itu-itu saja setiap harinya. Kalau bukan kita yang mengubah kegalauan kita sendiri, siapa lagi?. Teman atau pun sahabat curhat hanyalah bagian terkecil dari penyelesaian masalah. bukan berarti teman atau sahabat kurang berarti, tapi maksud saya yaitu hanya diri kita sendirilah yang bisa mengubah diri kita sendiri. yang lainnya hanyalah yang biasa disebut dengan faktor X atau faktor lingkungan. Sebagai umat beragama, kita patut ingat bahwa setip masalah pasti ada jalan keluarnya. Tuhan menguji manusia hanya sampai batas kemampuan manusia itu sendiri.
Apakah anda sedang galau? Jika Iya, ni ada beberapa tips menghilangkan kegalauan. Semoga bermanfaat.....

1. Selalu Ingat Kepada Allah SWT.
Jika aktivitas yang kita lakukan selama ini hanya sebatas untuk mencari kebahagiaan duniawi, maka tidak dipungkiri lagi bahwa anda akan merasa hampa walau anda telah bergelimangan harta, punya istri/suami idaman, punya anak yang cakep dan cantik, pintar pula. Kehidupan yang jauh dari nilai agama akan membuat hati kita tidak akan merasakan yang namanya kebahagiaan ataupun kepuasan.
Dekatkanlah diri kepada Allah SWT., dengan cara mematuhi segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Allah memberi permasalan kepada manusia dan Allah pula memberi solusi atas semua masalah yang kita dapatkan darinya. Jika kapasitas kegalauan Anda tinggi, segeralah ambil air wudhu kemudian menjalankan sholat sunnah 2 rakaat kemudian mintalah (berdoa) ketenangan hati dan pikiran. Berserah dirilah kepadanya, insya Allah, Tuhan akan memberikan rasa ketengan dan kedamaian dalam diri Anda.


2. Selalu Berpikir Positif
Nah, jika anda mendapatkan suatu masalah, cobalah untuk menanggapi masalah itu dari sudut pandang yang berbeda. Maksunya, cobalah anda mencari kebaikan dari masalah yang sedang menghimpit perasaan anda itu. Masalah itu sebenarnya hanya berupa ketidak cocokan anda dengan suatu kondisi tertentu. Masalah mencoba memberikan anda suatu peringatan akan mungkin saja atas kelalaian yang anda lakukan selama ini. Sebenarnya kehidupan ini netral, semua memberikan kebaikan. Sebuah contoh, anda sedang tertimpa suatu masalah dimana anda baru saja kehilangan sesuatu. Nah, pasti anda akan merasa marah dan panik bukan?, pada akhirnya anda merepotkan banyak orang untuk membantu anda untuk mencari barang anda yang hilang. Sekarang, coba anda berhenti sejenak untuk berpikir. Apa yang telah anda lakukan? Cobalah mengintrofeksi diri, mungkin saja selam ini anda memang ceroboh, anda terlalu menggampangkan sesuatu, anda terlalu percaya kepada orang yang baru anda kenal ataukah anda kurang bersedekah atau kurang mensyukuri segala rezeki yang telah anda dapatkan?. Stop lah untuk bersedih, mulai sekarang anda harus mengambil pelajaran yang berharga dari semua permasalah yang anda dapatkan. Insya Allah, anda akan selalu merasakan ketenangan dalam hari anda, dan tentu saja anda akan menjadi orang yang bijak.

3. Manfaatkan Waktu Luang Anda

Waktu luang memang suatu anugrah tersendiri bagi anda yang kesehariannya penuh dengan aktifitas-aktifitas yang melelahkan. Namun jangan salah, waktu luang yang berkepanjangan juga sangat berbahaya loh. Kenapa demikian? karena waktu luang yang berkepanjangan memberi peluang yang besar kepada galau untuk menyerang anda. So, manfaatkanlah detik demi detik yang anda miliki. Anda dapat melakukan aktivitas-aktifitas yang ringan seperti membaca buku yang dapat menghibur anda seperti novel, komik atau buku motivasi. Hindari membaca buku pelajaran karena tujuan anda hanya untuk bersantai saja buka? Anda juga dapat memanfaatkan waktu anda dengan berjalan santai sambil menikmati pemandangan yang ada disekitar anda, merapikan tempat belajar atau meja kerja anda, atau anda juga bisa memilih untuk tidur. Dari pada galau, mending anda tidur karena tidur dapat menyegarkan badan dan mengistirahatkan pikiran anda.

4. Ceritakan Masalah Anda dengan Orang Terdekat Anda
Ada dua tipe kepribadian yaitu ekstrofert (berkepribadian terbuka) dan introvert (berkepribadian tertutup). Disini saya akan menyinggung tipe ke dua yaitu introvert. Orang tipe ini pada umumnya sulit bergaul makanya hanya memiliki sedikit teman. Namun jangan salah, orang tipe ini sangat selektif dalam pergaulan dan teman yang dia dapatkan akan menjadi teman yang sangat setia kepadanya. Orang yang bertipe introvert ini jika memiliki masalah, jangan ragu untuk menceritakan masalah anda kepada teman anda itu. Toh, teman anda adalah orang terbaik yang anda miliki saat ini. Kalian sudah saling mengerti satu sama lain dan hubungan anda dengannya sudah bagaikan saudara. Patut diingat bahwa, terkadang kita mendapatkan masalah dan kita butuh curhat kepada seseorang. Nah datangilah teman setia anda dan ceritakan semua apa yang ingin anda ceritakan. Teman anda pasti akan memberi solusi kepada anda, yah minimal dia menjadi tempat penampungan keluh kesah anda. Terkadang, masalah akan terasa berkurang jika kita telah menceritakan kepada seseorang. Cara lain, coba lah anda menulis semua masalahan anda dalam kertas atau buku diary anda, siapa tau anda tidak siap untuk menceritakan masalah anda yang sangat pribadi tersebut. Insya Allah, akan sangat membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tangan ini terasa begitu kaku untuk menulis. wajar saja, sudah berapa lama ia tak menari memainkan keyboard  yang menjadi teman setia dalam mengabadikan setiap kisah yang yang telah mewarnai hidup ini. Baiklah, mari kita memutar memori ke beberapa bulan yang lalu. Ada sebuah cerita yang sangat ingin aku ceritakan namun, berbagai macam hambatan dan barulah saat ini aku bisa menceritakannya. kisah yang rasanya aduhai. Sebuah pengalaman yang semoga itu yang pertama dan terakhir. KISAH PUN DIMULAI,.... Hidup ini memang aneh. Pasti banyak orang  yang tidak ragu mengatakan sepakat. cerita yang ingin saya ceritakan adalah masalah pernikahan ku yang berlansung pada bulan April lalu. Cinta yang datang menghampiri disaat aku berusaha bersembunyi dari cinta. Saat itu aku tersadarkan bahwa aku telah memilih cinta yang salah. Aku terbawa oleh lingkungan dimana semua orang menganggap itu adalah kewajaran. Namun, sebuh cahaya telah menunjukan jalan yang benar kepadaku, mungkin itu yang dis

Isak Tangis Raina

Ketika jemari kini kembali kaku, ketika ide kian membeku , hamparan pasir putih beterbangan entah kemana arahnya . Angin sepoi-sepoi menerbangkan pesan alunan syair membawanya sampai kelamunan. Gemercik ombak, kicauan burung dan terjangan pasir putih yang ditiup lembut oleh sang angin t iba-tiba menghentikan lamunan. Su n gguh pemandangan yang mengejutkan, seekor burung tiba-tiba terjatuh. Alangkah malangnya nasib burung cantik itu. Ketika asyik beterbangan dengan kawan-kawannya tanpa sengaja menabrak tiang listrik yang menjulang tinggi mencakar langit. Wahai ka u sang burung, alangkah malangnya dirimu. Izinkan aku untuk mengobati lukamu dan merawatmu hingga kamu siap kembali diperaduan langit dengan teman, saudara dan keluargamu. Sadarkan engkau wahai burung, alangkah irinya diriku melihatmu beterbangan kesana kemari, beterbangan kearah mana yang hendak kamu mau, menjelajahi jagad raya yang begitu memesona.             Sang gadis manis periang, h idupnya betul-betul bahagia