Langsung ke konten utama

Virus Corona


Virus Corona
            Virus corona berasal dari bahasa latin yaitu corona yang berarti mahkota atau karangan bunga yang menyebabkan gangguan pernapasan ringan seperti flu serta gangguan pernapasan berat seperti terjadinya infeksi paru-paru (pneumonia), MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).
            Para ilmuan pertama kali megisolasi virus corona pada tahun 1937 yang menyebabkan penyakit bronchitis menular pada unggas.  Pada tahun 1965 peneliti Tyrrell dan Byone melalui kultur organ trakea embrionik dari saluran pernapasan orang flu menemukan virus corona yang menyerang manusia. Pada tahun 2019 jenis baru yang disebut SARS-CoV-2 mulai beredar kemudian menyebabkan penyakit dan dikenal sebagai COVID-19 yang pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan, Cina.

Gejala Virus Corona

            Inveksi Virus Corona (Covid-19) menyebabkan penderita mengalami gejala flu seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala atau gejala penyakit infeksi paru-paru (pneumonia) seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan batuk berdarah, sesak napas dan nyeri dada.

            Pada kasus yang parah, inveksi virus corona menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti pneumonia, infeksi sekunder pada organ lain, gagal ginjal, acute cardiac injury, acute respiratory distress syndrome sampai berujung pada kematian. Sampai saat ini telah tercatat sebanyak 722.289 orang yang terinveksi dan data menunjukan bahwa Negara Amerika serikat memiliki kasus terbesar yaitu mencapai 142.356 dengan 2.493 kematian dan 4.767 pasien sembuh. Tentu virus ini menjadi momok menakutkan bagi seluruh orang tanpa terkecuali.
            Dilansir dari Daily Mirror, gejala ringan virus corona yang harus mendapat perhatian serius yaitu
1.       Kehilangan indra perasa dan penciuman
     Spesialis THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan) merekomendasikan siapa saja yang memiliki gejala seperti ini agar segera mengisolakikan diri mengingat virus corona bisa masuk kedalam tubuh melalui mata, hidung dan tenggorokan.
2.       Kelelahan Fisik
     Sama halnya dengan gejala flu biasa, penderita covid-19 ini akan merasa lemas dan kelelahan akibat batuk dan sulitnya bernapas.
3.       Kelelahan Mental
     Meskipun kelelahan mental belum secara resmi dicatat sebagai gejala namun penderita covid-19 melaporkan mengalami kelelahan mental.
4.       Kehilangan Nafsu Makan
     Pada tingkat berbeda-beda, mereka yang terkena covid-19 mengeluh kehilangan nafsu makan sehingga mengakibatkan penderita mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.
5.       Sakit Perut
     Studi yang dilakukan oleh American Journal of gastroenterology menemukan bahwa 48.5% dari 204 orang yang telah terinveksi covid-19 mengalami diare.
6.       Sakit Mata
     Sakit mata yang diakibatkan oleh covid-19 ini mengalami perbedaan dengan sakit mata biasa dimana penderita covid-19 ini mengalami sakit mata seperti terbakar.

Pencegahan dan Pengobatan
          Pencehagan dari paparan virus ini tentu dapat dilakukan dengan cara menghindari kontak dengan orang yang terpapar covid-19. Hal yang paling efektif dilakukan yaitu mengisolasikan diri atau berdiam diri di rumah, menjaga kondisi fisik seperti menjaga pola makan dan berolah raga dengan teratur. Jika mengharuskan untuk beraktifitas diluar rumah maka gunakan masker, rutin cuci tangan dengan menggunakan sabun, ganti pakaian yang anda kenakan tanpa harus menyentuh barang yang lain kemudian mandi dengan air sabun untuk menghindari penyebaran covid-19 dirumah anda.
            Jika telah terpapar dengan covid-19 maka yang harus anda lakukan yaitu
1.       minum obat yang dijual bebas untuk mengurangi rasa sakit, demam dan batuk. Hindari penggunaan aspirin pada anak-anak dan jangan memberikan obat batuk pada anak dibawah 4 tahun.
2.       Mandi dengan air hangat
3.       Minum air hangat dan perbanyak asupan cairan tubuh
4.       Perbanyak istirahat
5.       Jika merasa khawatir dengan gejala yang dirasakan, segera hubungi penyedia kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih serius.


*Dikutip dari berbagai sumber

Komentar

Fachrul Hidayat mengatakan…
Mantap tulisannya, mengedukasi banyak orang. Keep writing !

Postingan populer dari blog ini

Tangan ini terasa begitu kaku untuk menulis. wajar saja, sudah berapa lama ia tak menari memainkan keyboard  yang menjadi teman setia dalam mengabadikan setiap kisah yang yang telah mewarnai hidup ini. Baiklah, mari kita memutar memori ke beberapa bulan yang lalu. Ada sebuah cerita yang sangat ingin aku ceritakan namun, berbagai macam hambatan dan barulah saat ini aku bisa menceritakannya. kisah yang rasanya aduhai. Sebuah pengalaman yang semoga itu yang pertama dan terakhir. KISAH PUN DIMULAI,.... Hidup ini memang aneh. Pasti banyak orang  yang tidak ragu mengatakan sepakat. cerita yang ingin saya ceritakan adalah masalah pernikahan ku yang berlansung pada bulan April lalu. Cinta yang datang menghampiri disaat aku berusaha bersembunyi dari cinta. Saat itu aku tersadarkan bahwa aku telah memilih cinta yang salah. Aku terbawa oleh lingkungan dimana semua orang menganggap itu adalah kewajaran. Namun, sebuh cahaya telah menunjukan jalan yang benar kepadaku, mungkin itu yang dis

Wanita Bercadar dan Keinginan Terpendam Lelakiku

LELAKIKU.. Tepatnya kemarin malam aku dikejutkan olehnya. Dengan wajah ceria dan senyum yang mengembang memanggilku mendekat disampingnya hendak memperlihatkan susuatu didalam gedget yang selalu menempel ditangannya. Dengan penuh curiga aku menatap wajahnya  sambil menggeser badanku mendekatinya kemudian duduk disampingnya. Senyum diwajahnya tak kunjung sirna, aku pun semakin curiga. Aku mengalihkan pandangan ku kelayar gedget nya yang telah berada dalam genggamanku. Saat aku melihat yang hendak diperlihatkannya kepadaku, aku tak dapat mengucap sepatah kata. Ada apa gerangan? Hatiku berkecamuk ketika fokus perhatianku tertuju pada foto seorang wanita. Hatiku berdebar kencang sambil bertanya-tanya kenapa? Kenapa dia memperlihatkan foto itu kepadaku? Aku melihat foto demi foto. Seorang perempuan bercadar  dengan suaminya berpetualang di alam bebas. Mereka menunjukan pose mesrah yang tak habis pikir olehku. Benar juga, wanita bercadar juga berhak melakukan hal demikian. Sebuah

Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 5 November 2013 lalu telah menyisahkan kesan tersendiri untuk aku kenang. Alhamdulillah dalam hal spiritual saya merasakan peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Aku sangat berterima kasih kepada Allah SWT atas nikmat karunia yang ia berikan kepada aku selama ini. Sungguh dahsyat rasa kasih sayang itu, kasih sayang yang tiada taranya. Rasa sejuk dan ketenangan yang memenuhi relung hati membuat aku merasakah kedamaian, ketentraman dan kenyamanan. Terlepas dari itu, aku berterima kasih kepada Allah SWT karena telah meminjamkan aku seseorang yang sangat berharga dalam mencapai tujuan aku diawal tahun. "Tuhan, dialah yg memotivasiQ,... Dngan dkat dnganx, Q pun mrasa lbiH dkat lg dnganMu. Kutundukan kepalaq dan memohon kpadamu, izinkanlh dia truz brsamaq agar q slalu mrasakn kdekatanmu. Skali lg z ktakan, dia hanya pemberi motivasiQ" Sepenggal kata yang cukup mewakili perasaanku. Sungguh, seseorang itu telah